Didalam tulisan ini saya memberikan cara mudah anda dalam belajar bahasa pemrograman Turbo Pascal, dan disertai gambar-gambarnya agar anda paham. Tulisan ini cocok bagi yang baru mau belajar bahasa pemrograman langsung aja ni pada materinya. Program komputer pada dasarnya adalah proses merancang dan membuat urutan instruksi untuk menyelesaikan suatu masalah yang diimplementasikan kedalam komputer. karena yang menjalnkan intruksi itu adalah komputer maka intruksi harus dinyatakan dalam bahasa yang “dimengerti” oleh komputer yaitu bahasa mesin (assembly language) atau dikenal juga dengan bahasa pemrograman tingkat rendah. Bahasa mesin ini menggunakan simbol 0 (on) dan i (of) untuk dalam mendefinisikan intruksinya.
Menerjemahkan intruksi
kedalam simbol 0 dan 1 merupakan pekerjaan yang rumit.
itu sebabnya manusia merancang sistem pemberian
intruksi dengan cara yang lebih mudah digunakan,
yang dikenal dengan bahasa pemrograman tingkat
tinggi. Ada banyak bahasa pemrograman yang
telah dibuat, namun tidak semuanya bertahan dan digunakan secara luas.
Sekurangnya ada dua keuntungan pemberian intruksi dalam bahasa
pemrograman tingkat tinggi ini. Pertama, manusia lebih
mudah dalam pemberian intruksi karena bahasa ini
relatif dekat dengan bahasa manusia. Yang
kedua, sebagai alat penerjemah intruksi manusia kedalam bahasa mesin.
Ada dua tipe
bahasa pemrograman penerjemah ini : interpreter dan
compailer, interpreter adalah mesin penerjemah yang bekerja
dengan menerjemahkan dan mengeksekusi perintahnya satu demi satu. Contohnya
bahasa pemrograman Basic. Compailer adalah mesin
penerjemah yang semua perintahnya diterjemahkan dulu
sebelum di eksekusi. Contohnya, bahasa Pascal, Fotran, C, C++, Cobol, Java,
dll.
1. Langkah-langkah membuat program Agar anda dapat menghasilkan
program dengan tepat, cepat, dan efisien
anda perlu merencanakan langkah – langkah dalam membuat program.
Tentu saja tidak ada keharusan mengerjakan petunjuk dibawah ini, tetapi bagi
pemula langkah-langkah dibawah ini akan sangat membantu bukan saja
menguasai bahasa pemrograman tetapi juga terampil dalam menyelesaikan
persoalan – persoalan yang sukar. Berikut Langkah-langkah dalam membuat
program.
a. Pahami masalahnya
Banyak orang yang menyepelekan persoalan
ini. Teman-teman saya yang mengambil mata kuliah pemrograman,
banyak teman saya yang begitu diberi soal
langsung saja mengetikannya di komputer sebelum memahami betul maksud soalnya.
Memahami masalah artinya mengerti apa yang hendak dicari, masukan yang
dibutuhkan, keluarannya bagaimana, seperti apa tampilan yang diinginkan.
Ketidak pahaman terhadap masalah cenderung membuat kita mengetik tanpa
arah sehingga kerja menjadi tidak efisien.
b. Merancang Algoritmanya
Layaknya sebuah karangan, algoritma
adalah kerangka berpikir kita dalam membuat program. Untuk program-program
sederhana algoritma mungkin tidak terlalu penting, tetapi untuk perkara
kompleks algoritma akan sangat membantu dan membimbing kita menghasilkan
program yang efisien. Bagi mereka yang hendak mendalami dunia pemrograman,
memahami algoritma merupakan suatu hal yang penting.
c. Menulis program
Bila algoritma telah tersedia, penulisan
kode program biasanya menjadilebih mudah. Untuk bisa menulis program dibutuhkan
pengetahuan terhadap bahasa pemrograman. TIdak seperti algoritma yang fleksibel
dalam penulisan perintah-perintahnya, perintah dalam program
komputerharus ditlis dengan ketelitian 100%, artinya kesalahan sedikit
saja, misalnya kesalahan titik koma sudah cukum membuat program tidak bisa
dijalankan.
d. Menguji program
Seringkali para pemrogram pemula
menyangka bahwa pada setiap kali program berhasil di eksekusi berarti persoalan
selesai. Mereka sering mengabaikan dan mengecek apakah keluaran yang dihasilkan
sudah sesuai dengan keinginan atau belum. Setiap kaliprogram selesai ditulis,
pemrogram harus memastikan bahwa keluaran yang dihasilkan sudah sesuai dengan
yang seharusnya.
2. Mengenal Turbo Pascal For Windows Pascal adalah bahasa tingkat tinggi yang digunakan untuk menyelesaikan
persoalan umum. Bahasa ini diciptakan oleh prof. Niclaus Wirth dari Technical
University Zurich, Swiss. Namun Pascal sendiri diambil dari nama matematikawan
dan filsuf tekenal abad ke-17 dari Prancis, Blaise Pascal. Prof Niclaus
menggunakan bahasa ini pertama kalinya pada komputer CDC 6000 (Control Data
Corporation) pada tahun 1971.
Jendela Editor Turbo Pascal for Windows
|
3. Struktur Pemrograman Pascal
- Nama program
Penulisan nama program bersifat opsional
artinya boleh ditulis, boleh juga tidak. Format penulisan : Program NamaProgram;
- Deklarasi
Merupakan bagian untuk mendefinisikan
pengenal yang akan digunakan didalam program. Pengenal ini dapat berupa unit,
variabel konstanta, procedure, fungsi, array, record, pointer, label.
- Badan program
Merupakan bagian untuk menulis
langkah-langkah pemecahan masalah. Setiap penulisan perintah selalu dimulai
dengan kata begin dan diakhiri dengan kata end. (diakhiri dengan titik). Berikut ini adalah bentuk umum struktur penulisan
program dalamTurbo PascalProgram NamaProgram; Deklarasi (variabel, konstanta, fungsi, prosedur, dll)Begin Perintah1 Perintah2 ……..dst End.
4. Contoh Program Sederhana Program 2.1 ketikan program seperti dibawah ini.
Kemudian lakukan proses kompilasi dengan
mengklik menu compile=>compile atau tekan alt+F-9. Kompilasi adalah proses penerjemah bahasa Pascal kedalam bahasa mesin
sehingga “dimengerti” oleh komputer. jika kompilasi sukses, kelik menu Run=>Run atau ctrl+F-9. Jika yang muncul adalah pesan kesalahan (tercetak dibagian bawah
jendela), cek lagi program tersebut, lalu ulangi proses diatas. Ingat kesalahan
kecil saja, misalnya terlupa titik atau kesalahaan ejaan, sudah cukup membuat
program tidak jalan. Jika yang ditulis benar semua maka akan muncul tampilan
sebagai berikut.
Program 2.2 ketikan program seperti di
bawah ini:
Kemudian lakukan proses kompilasi dengan
mengklik menu compile=>compile atau tekan alt+F-9 jika kompilasi sukses, kelik menu Run=>Run atau ctrl+F-9. Jika yang muncul adalah pesan kesalahan (tercetak dibagian bawah
jendela), cek lagi program tersebut, lalu ulangi proses diatas. Ingat kesalahan
kecil saja, misalnya terlupa titik atau kesalahaan ejaan, sudah cukup membuat
program tidak jalan. Jika yang ditulis benar semua maka akan muncul tampilan
sebagai berikut.
Masukan bilangan ke-1, misalnya saya masukan bilangan 5 terus enter, dan
masukan lagi bilangan ke-2 terus enter, maka tampilannya akan seperti dibawah
ini
"Bahasa mesin ini menggunakan simbol 0 (on) dan i (of) untuk dalam mendefinisikan intruksinya."
BalasHapusunik...
Iya, penyimpanan dan pemroses data pada komputer itu memang pada dasarnya adalah on atau off. Coba lihat rangkaian flip-flop pada elektronik, desainnya adalah menggunakan transistor (disusun menjadi gerbang2 and, or) sebagai saklar on atau off. Bahasa mesin inilah yang 'menyuruh' kapasitor ini untuk on atau off melalui pemberian tegangan listrik.
Hapus