ini nih yang paling susah..... nge-logika apa yang diminta soal.... kadang pas bisa logikanya.... mbuatnya susah... heheheh, maka dari itu... simak materi berikut!!!
Pengertian
LOGIKA:
Logika
berasal dari bahasa Yunani yaitu LOGOS yang berarti ilmu. Logika pada dasarnya
filsafat berpikir. Berpikir berarti melakukan suatu tindakan yang memiliki
suatu tujuan. Jadi pengertian Logika adalah ilmu berpikir / cara berpikir
dengan berbagai tindakan yang memiliki tujuan tertentu.
Pengertian
ALGORITMA:
Pada
Merriam-Webster’s Collegiate Dictionary, istilah algoritma diartikan sebagai
prosedur langkah demi langkah untuk memecahkan masalah atau menyelesaikan suatu
tugas. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan algoritma sebagai
urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.
Alat Bantu untuk menuliskan Logika
dan Algoritma, salah satunya adalah FLOWCHART.
Pengertian FLOWCHART:
gambaran dalam bentuk
diagram alir dari algoritma dalam suatu program atau prosedur sistem secara
logika, yang menyatakan arah alur program dalam menyelesaikan suatu masalah.
SIMBOL
Flowchart
Pedoman-pedoman
dalam Membuat Flowchart:
- Bagan alir sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan mulai
dari bagian kiri dari suatu halaman.
- Kegiatan di dalam bagan alir harus ditunjukkan dengan
jelas.
- Harus ditunjukkan dari mana kegiatan akan dimulai dan
dimana akan berakhirnya (diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan
END).
- Masing-masing kegiatan di dalam bagan alir sebaiknya
digunakan suatu kata yang mewakili suatu pekerjaan, misalnya:
-
"Persiapkan" dokumen
-
"Hitung" gaji
- Masing-masing kegiatan di dalam bagan alir harus di dalam
urutan yang semestinya.
- Kegiatan yang terpotong dan akan disambung di tempat lain
harus ditunjukkan dengan jelas menggunakan simbol penghubung.
- Gunakanlah simbol-simbol bagan alir yang standar.
Secara garis besar, Ada 3 bagian utama dalam
flowchart :
Contoh:
Buat algoritma dan Flowchart untuk
Menghitung Luas Persegi Panjang:
Pekerjaan:
Rumus:
LuasPersegiPanjang =
Panjang x Lebar
Algoritma:
- Tentukan
nama variabel yang akan menampung data Panjang, lebar dan luas persegi
panjang.
- Masukkan
(inputkan) data Panjang dan Lebar pada variabel yang sudah ditentukan.
- Hitung
Luas persegi panjang.
- Tampilkan
(outputkan) Luas persegi panjang.
Flowchart:
IMPLEMENTASI DALAM PROGRAM
(Sebagai contoh: Bahasa Pemrograman
Pascal)
Pengertian PROGRAM:
Kumpulan instruksi
(statements) yang disusun secara logis untuk memecahkan suatu masalah.
Instruksi-instruksi yang digunakan disesuaikan dengan jenis bahasa pemrograman
yang digunakan (reserved word yang disediakan).
Stuktur Penulisan Pascal:
Program
Nama_Program;
uses
. . . {Unit-unit yang dipakai} ;
label
. . . {label-label yang dipakai }
;
const
. . . {pengumuman
tetapan-tetapan} ;
type
. . . { pengumuman tipe-tipe data
};
var
. . . { pengumuman peubah-peubah
};
procedure Nama_Prosedur;
begin
. . .
end;
Function Nama_Fungsi;
begin
. . .
end;
{
Program utama }
begin
. . .
end.
Perintah Input :
Perintah Pascal yang
digunakan untuk memasukkan/menginputkan data.
Bentuk perintah:
Read dan Readln
Struktur penulisan:
Read(nama variabel);
Readln(nama Variabel)
Perintah Output:
Perintah Pascal yang
digunakan untuk menampilkan/mengoutputkan data.
Bentuk perintah:
Write :
setelah menampilkan data atau teks, kursor berada tepat disamping kanan data
yang ditampilkan.
Write :
setelah menampilkan data atau teks, kursor berada pada baris berikutnya.
Struktur penulisan:
write(nama variabel);
write(‘teks’);
writeln(nama Variabel);
writeln(‘teks’);
Contoh:
Buat program sederhana untuk
Menghitung Luas Persegi Panjang:
Program LuasPersegiPanjang;
Var
Luas, Panjang, Lebar : integer;
Begin
Readln(panjang);
Readln(Lebar);Luas:= Panjang*Lebar;
Writeln(‘Luas Persegi Panjang adalah:’,Luas);
Readln;
End.
Tampilan pada lembar kerja Pascal:
Menjalankan program dengan perintah:
Ctrl+F9(tekan
tombol Ctrl dan F9 bersama-sama).
Apabila Panjang diisi 7 dan lebar
diisi 8 maka hasil perintah diatas tampil sbb:
STRUKTUR KENDALI “IF’
Struktur kendali aliran adalah suatu bentuk/struktur yang memiliki peranan
khusus untuk mengatur aliran urutan
pengerjaan operasi atau beberapa operasi tertentu.
Salah satu contoh pernyataan kendali yaitu pernyataan if .
Pernyataan if (if statement)
akan memeriksa suatu persyaratan dan menentukan
apakah syarat tersebut benar atau salah, kemudian melakukan pekerjaan
sesuai dengan nilai pernyataan tersebut.
Struktur Penulisan:
Berikut
adalah bentuk-bentuk dari pernyataan if
yang sering digunakan :
1. If dengan satu pernyataan (statement)
If (kondisi) then pernyataan ;
2.
If dengan dua atau lebih pernyataan (statement)
If (kondisi) then
begin
pernyataan1 ;
pernyataan2 ;
…..
end;
3.
If dan else
If (kondisi) then
begin
pernyataan1 ;
pernyataan2 ;
…..
end
else
begin
pernyataan1 ;
pernyataan2 ;
…..
end;
Dari bentuk bentuk pernyataan if di atas yang harus diperhatikan
adalah untuk pernyataan if dan else, pernyataan-pernyataan setelah then tanpa menggunakan “;”. Dengan kata
lain jika pernyataan setelah then hanya terdiri dari satu pernyataan saja makan
pernyataan tersebut tanpa menggunakan “;”, namun jika pernyataan setelah then
terdiri dari lebih dari satu pernyataan makan setelah end tanpa menggunakan “;”.
Latihan:
Buat flowchart dan program sederhana
untuk menampilkan bilangan terbesar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar